Senin, 29 April 2013

Sumber Dana Bank

Manajemen sumber dana/pasiva bank

Manajemen pasiva adalah suatu proses dimana bank berusaha mengembangkan sumber-sumber dana yang non tradisional melalui pinjaman di pasar uang atau dengan menerbitkan instrumen utang untuk digunakan secara menguntungkan terutama untuk memenuhi permintaan kredit. Pendekatan manajemen pasiva dalam perbankan dewasa ini adalah berkaitan erat dengan sisi penggunaannya di sisi assets, jadi tidak dapat dipisahkan antara bagaimana mendapatkan dana dari pihak ketiga dan kemudian mengoptimalkan dana yang dihimpun tersebut untuk mendapatkan keuntungan bagi bank

Sisi passiva dapat dikelompokkan menjadi tiga bagian utama, yaitu : dana pihak pertama yang bersal dari pemilik dan laba bank, dana pihak kedua yang dapt diperoleh melalui pasar uang serta dana pihak ketiga yaitu dana yang bersal dari masyarakat berupa giro, tabungan, deposito berjangka, sertifikat deposito, setoran jaminan serta kewajiban lainnya yang segera dibayar.
Pengertian Sumber Dana Bank Sumber-sumber dana bank adalah usaha bank dalam memperoleh dana dalam rangka membiayai kegiatan operasinya.
Untuk menopang kegiatan bank sebagai penjual uang (memberikan pinjaman), bank harus lebih dulu membeli uang (menghimpun dana) sehingga dari selisih bunga tersebutlah bank memperoleh keuntungan.

Dana yang bersumber dari masyarakat

Sumber dana ini merupakan sumber dana terpenting bagi kegiatan operasi bank dan merupakan ukuran keberhasilan bank jika mampu membiayai operasinya dari sumber dana ini. Adapun Dana masyarakat adalah dana-dana yang berasal dari masyarakat, baik perorangan maupun badan usaha, yang diperoleh dari bank dengan menggunakan berbagai instrumen produk simpanan yang dimiliki oleh bank.

Untuk memperoleh dana dari masyarakat luas bank dapat menggunakan tiga macam jenis simpanan (rekening). Masing-masing jenis simpanan memiliki keunggulan tersendiri, sehingga bank harus pandai dalam menyiasati pemilihan sumber dana. Sumber dana yang dimaksud adalah:

1. Simpanan giro
2. Simpanan tabungan
3. Simpanan deposito.  


Dana yang bersumber dari lembaga lain

Dalam praktiknya sumber dana ini merupakan tambahan jika bank mengalami kesulitan dalam pencarian sumber dana sendiri dan masyarakat. Dana yang diperoleh dari sumber ini digunakan untuk membiayai atau membayar transaksi-transaksi tertentu. Perolehan dana dari sumber ini antara lain dapat diperoleh dari:

1. Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (BLBI), merupakan kredit yang diberikan bank Indonesia kepda bnk-bank yang mengalami kesulitan likuiditas. Kredit likuiditas ini juga diberikan kepada pembiayaan sektor-sektor usaha tertentu.

2. Pinjaman antar bank (Call Money). Biasanya pinjaman ini di berikan kepada bank-bank yang mengalami kalah kliring di dalam lembaga kliring dan tidak mampu untuk membayar kekalahannya. Pinjaman ini bersifat jangka pendek dengan bunga yang relative tinggi jika dibandingkan dengan pinjaman lainnya.

3. Pinjaman dari bank-bank luar negeri. Merupakan pinjaman yang diperoleh oleh perbankan dari pihak luar negeri.

4. Surat berharga pasar uang (SBPU). Dalam hal ini pihak perbankan menerbitkan SPBU kemudian diperjual belikan kepada pihak yang berminat, baik perusahaan keuangan maupun nonkeuangan. SPBU diterbitkan dan ditawarkan dengan tingkat suku bunga sehingga masyarakat tertarik untuk membelinya.

Sumber Internal dan Pemilik

Sumber dana internal adalah dana yang dibentuk atau dihasilkan di dalam perusahaan. Sumber dana internal merupakan sumber dana jangka panjang yang biasanya berasal dari laba ditahan, cadangan penyusutan, dan saham pemilik.

Kebaikan modal sendiri:
  • Tidak dibebani bunga
  • Meningkatkan kemampuan untuk bertahan jika terjadi depresi.
  • Tidak perlu dipikirkan masalah pinjaman
  • Pendapatan perusahaan tidak perlu dibagikan kepada kreditur.
  • Jika perusahaan dilikuidasi, kekayaan perusahaan hanya dibagi diantara pemiliknya.

refferensi : http://peperonity.com/go/sites/mview/manajemen.danabank/25893845
                  http://siswaddi.wordpress.com/2011/04/20/sumber-dana-bank/

1 komentar:

  1. kartu kredit UOB buana.
    Didirikan di Jakarta pada tahun 1956, UOB Buana merupakan adalah salah satu bank terkemuka di Indonesia dengan jaringan pelayanan sebanyak 214 kantor dan 132 ATM yang tersebar di lokasi strategis di 30 kota pada 18 propinsi di Indonesia. Layanan ATM UOB yang bekerja sama dengan jaringan ATM Bersama maupun jaringan regional UOB dan VISA, memungkinkan nasabah UOB Buana tidak hanya dapat bertransaksi melalui ATM di seluruh Indonesia tetapi juga melalui ATM di kawasan regional Asia Tenggara bahkan diseluruh dunia.
    UOB Buana dimiliki sebesar 68,442% oleh UOB International Investment Private Limited (UOBII) dan sebesar 30,056% oleh United Overseas Bank Ltd, Singapore (UOB). UOBII dimiliki sepenuhnya oleh UOB.

    Promo terbaru Bank UOB BUANA dapat kan Discount hingga 50 % untuk setiap pembelanjaan di CAREFOUR, ADA MALL, PALACE SQUARE.KEDAI AMARTA.KAMPUNG LAUT.SHABU SHABU.MAJESTI.PIZZA CAFE.DAN SUPERMARKET SELURUH INDONESIA, DISKON 30 % DI EUROSKIN LAB, 20 % DI ESC, FREE VOUCHER AT GAYA SPA SENILAI RP 1000.000, DAN DISCOUNT 20 % AT ALL GAYA SPA, DAN DISCOUNT DISCOUNT HINGGA 30 % FOR CHEK UP AT PRODIA promo langsung bila apply lady's card :
    1.mendapatkan 5 vouvher yaitu untuk spa, salon, body massage, dll di gya spa dan chemical salon.

    2.free check up di prodia.

    3.discount up to 20% untuk vaccination dan check up di prodia OHI.

    4.discount up to 20% untuk executive health screening dan skin rejuvenation di rumah sakit pondok indah.

    5.discount 30% free skin treatment packages di euroskinlab.

    6.discount 20% untuk slimming packages di european slimming center.

    7.beli apapun dan dimana pun cicilan 0 % untuk 3 bulan.

    8.asuransi program prudential : credit protection, pru ladies critical illness, pru investment with edu plan, purchase protection(asuransi atas barang yg dibeli).

    9.cicilan pendidikan 3-6 bulan 0,88%.dan 12 bulan 0,99%.

    10.poin reward :mendapatkan 1 poin reward untuk setiap transaksi RP1.000,00.

    11.discout di restaurant restaurant.

    12.asuransi perjalanan sampai 1 milyar.

    13.online travel booking dan reservation.

    14.free airport lounge at indonesia, malaysia, singapura, hongkong.

    15.terbang gratis dengan garuda indonesia dan singapore krisflyer denagn menukarkan poin reward.

    16.UOB bill pay = kemudahan pembayaran tagihan bulanan dengan otodebet ke kartu kredit UOB anda.

    17.UOB Flexipay = belanja dengan cicilan ringan 0% di berbagai merchant hingga 24 bulan.

    18.UOB balance tranfer = dapat memindahkan saldo kartu kredit bank lain ke kartu kredit UOB buana.

    19.diskon mandala airlanes 50%.

    20.UOB regional privileges = diskon merchant2 di indonesia, singapore, malaysia, hongkong, dll.

    syarat-syarat untuk mengajukan kartu kredit UOB buana =.
    1. fotocopy / scan KTP.
    2. fotocopy / scan kartu kredit bank lain.
    -minimal limit kartu kredit bank lain 4juta(GOLD lady's card), 20 juta (PLATINUM lady's card).

    bagi yang tidak mempunyai kartu kredit atau syarat nomor 2 belum terpenuhi bisa memakai =.
    untuk karyawan atau pegawai:
    1.SLIP GAJI asli carbon.
    2.Surat Keterangan Penghasilan / Gaji asli.
    UOB Buana Call Center.

    Segala macam informasi mengenai Kartu Kredit UOB Buana, dapat langsung Anda ketahui dengan menghubungi layanan 24 jam UOB Buana Call Center di 14008 atau (62 21) 23 55 9000.
    untuk pengajuan hubungi.
    chairul sarto utomo.
    asm Dewi ika.
    UOB BUANA JL JEND SUDIRMAN NO 131.
    SEMARANG, 50000
    VIA SMS 085229348635 , whatshap.kakao, we chat ( 08883932980 ).

    BalasHapus