Rabu, 25 Juni 2014

Manusia dan Penderitaan

Manusia tidak selalu dalam keadaan yang menyenangkan kadang kala mereka harus menerima cobaan dari Tuhan, untuk memperkuat keimanan dan ketakwaan. Bahkan terkadang manusia mengalami suatu penderitaan, yang harus mereka hadapi, apakah itu penderitaan rohani maupun jasmani. Suatu tindakan/menderitakan orang lain itu sangat dilarang, bahkan dapat terkena hokum yang berat.
Penyebab Munculnya Penderitaan
Menurut pandangan saya, penderitaan ini muncul disebabkan hubungan antara manusia dengan lingkungan sekitarnya baik dengan antar sesama manusia ataupun dengan alam. Penderitaan ini dapat muncul karena ketidak harmonisan antara elemen satu dengan yang lainnya. contohnya pada hubungan dalam bermasyarakat, ada kalanya didalam bermasyarakat terdapat perbedaan pendapat yang dapat menimbulkan perselisihan diantara satu dengan yang lainnya, hal ini bisa saja mengakibatkan timbulnya rasa dengki, marah, bahkan saling menuduh atau menjelek-jelekan. dari sinilah penderitaan muncul karena perbuatan saling tidak menyukai tersebut. dalam hal ini, penderitaan yang dialami adalah penderitaan secara batin karena terdapat rasa sakit hati apabila ada seseorang yang menjelek-jelekan bahkan rasa itu bisa saja semakin sakit apabila sudah terjadi pertengkaran yang membuat hubungan didalam masyarakat sudah tidak ada rasa nyaman dan aman.

Akibat yang dialami dari sebuah tindakan
Banyak sekali dampak yang terjadi dari sebuah tindakan kekerasan/penderitaan.
1.      Gangguan Fisik
Gangguan Fisik disini artinya secara fisik mereka terluka atau mengalami kesakitan yang dapat berakibat fatal
2.      Gangguan Mental
Akibat dari sebuah tindakan kekerasan dapat mengganggu jiwa/mental seseorang yang dapat mengakibatkan frustasi. Dan membuat orang tersebut trauma atas kejadian yang dialaminya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar